ABSTRAK
Pengaruh Profesionalisme
Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Terhadap Hasil Belajar Siswa
Salah satu masalah
pendidikan yang banyak disoroti oleh masyarakat adalah mutu pendidikan yang
tercermin dari hasil belajar siswa yang dinilai rendah. Hal ini disebabkan
karena kurangnya motivasi belajar siswa itu sendiri ataupun pengembangan
kurikulum yang kurang begitu diperhatikan oleh sekolah.Seorang
guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, dan pembimbing
memerlukan suatu kemampuan profesional yang meliputi, sikap atau nilai,
pengetahuan, kecakapan, serta kemampuan profesional keguruan. Ke empat aspek
ini merupakan landasan kemampuan seorang guru yang harus di pertahankan dan di
kembangkan dalam melaksanakan tugasnya membimbing dan mendidik anak yang
tuntutannya semakin kompleks dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
yang semakin pesat.