Cara Membuat Presentasi Bahan Ajar dengan Slide Master Pada Power Point V.2010

Cara Membuat Presentase Slide Master PowerPoint 2010
Berikut ini saya akan memberikan sedikit tutorial atau cara membuat presentase sederhana Slide Master menggunakan powerpint 2010, namun sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat apa itu sesungguhnya powerpoint.
Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian berubah namanya menjadi PowerPoint  dan pada tahun1987 PowerPoint merilisis versi 1.0, dan komputer yang didukung oleh Apple Macintosh. PowerPoint pada waktu  itu masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi  yang disebut (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran dan sampai sekarang aplikasi powerpoint sangat populer mulai dari powerpoint 2003, 2007 sampai pada microsft powerpoint 2010 bahkan sekarang ini sudah microsoft 2013.
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah aplikasi yang diprogramkan di komputer untuk presentase yang dikembangkan oleh microsoft dan berada pada satu paket dengan aplikasi lainnya seperti microsoft word, exel, access. Aplikasi ini sangat berguna dan sangat besar manfaatnya bagi kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa dan trainer. Berdasarkan perkembangan zaman aplikasi powerpoint ini sudah tersebar di akalangan penjuru dunia.
Lanjut pada pembehasan awal tetang bagaiman cara membuat presentase sederhana dengan slide master. Disni saya tidak menjelaskan pula seperti apa itu Slide Master, apa fungsinya dan
pa tujuannya??? Namun disini saya langsung pada poinnya, yang jelas secara singkatnya slide master yang dimaksud adalah suatu tempat yang dapat membuat baground/template presentase tampil secara otomatis pada menu Home/utama halaman per slide powerpoint. Untuk lebih jelasnya nanti bapak ibu dapat memahaminya sendiri mengenai slide master itu 
Berikut ini Langkah-Langkahnya:
1. masuk powerpoint sehingga muncul tampilan seperti berikut ini
2. setelah muncul pada gambar diatas geser mouse lalu click "View" seperti gambar di bawah ini
3. langkah berukutnya setelah click "view" maka akan tampil seperti gambar berikut ini
4. kemudia setelah mucul pada gambar diatas geser mouse lalu click ""Slide Master" lihat gambar berikut ini
5. setelah di klick makan akan tampil seperti gambar berikut ini.
ingat pada gambar diatas saya sudah memberikan kode warna merah namun disini perlu ada penjelasan sedikit, kenapa saya pilih slide atau halaman 3..bukan slide 1 atau slide 2..? nah disini saya menjelaskan sedikit. klau kita menempatkan beground/template pada slide 1 dan 2 maka tampilannya nanti setelah close Slide Master tidak melingkupi per slide di menu utama presentase kita nati, oleh karena supaya slide kita tampil secara otomatis per slide, maka  kita memposisikan template/bacground pada slide 3 slide master silahkan clik slide ke 3 untuk memulai membuat begroud.
6. langka untuk membuat bacgroundnya saya kira sangat mudah, tinggal kita click kanan pada kertas slide 3 tadi lalu geser kursor mouse dan pilih "Format Bacground" yang berada paling bawah. lihat gambar berikut ini..
7. setelah itu maka akan tampil sepeti gamba di bawah ini..
nah pada gambar diatas terdapat banyak pilihan ada "solid fiil. gradient fiil, picture or texture fiil dan patterm fiil" tergantung bapak ibu pilih yang mana, namun disini saya akan memilih "peterm fill" lihat gambar berikut ini..
pada gambar diatas tergantung bapak ibu pilih yang model apa.. di sana ada pilihan warna " foreground color dan bacground color" sesuaikan dengan warna selera masing. baiklah saya akan pilih warna biru... setelah selesai melimilih warna bacground clik close lihat contoh gambar diwah ini..
8. setelah semuanya selesai selanjutnya click "close master view" selesai sudah pembuatan bacground. kemudia untuk melihat hasilnya yang kita buat tadi silahkan geser muse arahkan tepat dibawah slide lalu tekan "enter" selesai sudah tinggal membuat presentasenya. barangkali sampai disini dulu untuki sementara selamat mencoba...... bersambung

untuk tutorial lebih lengkapnya tunggu beberapa minggu lagi, tutorialnya sudah hampir selesai selesai dalam bentuk Video dan Slide Show PowerPoint.

http://lamudi84.blogspot.com
By Lamudi

Pages